Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bupati Resmikan Pengapalan Perdana Minyak Sawit
Senin, 17/02/2020 15:08 WIB

TEMINABUAN-Perusahaan perkebunan kelapa sawit milik PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) Tbk tercatat melakukan pengiriman perdana minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) ke Pulau Jawa untuk diolah menjadi minyak goreng. Pengapalan perdana CPO tersebut secara resmi dilakukan baru-baru ini di Karekano, Distrik Kais, ditandai pengguntingan pita oleh Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE, MAP. CPO yang dikirim tersebut dihasilkan dari dua unit usaha perkebunan kelapa sawit yakni PT Permata Putera Mandiri (PPM) di Kabupaten Sorsel dan PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) di Kabupaten Maybrat. Truk mengangkut CPO ke pelabuhan untuk selanjutnya dipindahkan ke kapal tangki penampung yang ditarik tugboat. Pengapalan perdana CPO tersebut disaksikan juga oleh sejumlah pejabat dari Pemkab Sorsel dan masyarakat Suku Kaiso dan Suku Awe.


 Pada kesempatan tersebut Bupati Samsudin Anggiluli memberikan apresiasi atas investasi yang dilakukan PT ANJ Grup di wilayah Kabupaten Sorsel dengan komoditi sagu dan kelapa sawit, secara khusus di wilayah Imekko yang sumber daya alamnya melimpah. Investasi yang dilakukan selama kurang lebih 10 tahun ditandai dengan pengiriman perdana CPO ke Pulau Jawa untuk diolah menjadi minyak goreng. Namun ke depan pihaknya berharap perusahaan akan membangun pabrik pengolahan CPO menjadi minyak goreng yang siap dijual dan digunakan oleh masyarakat. Jadi CPO dikelola menjadi minyak goreng di Kabupaten Sorsel. Pihaknya juga berharap perusahaan dapat memperhatikan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar lokasi perusahaan dan perkebunan. Untuk itulah pihaknya juga meminta masyarakat mendukung aktivitas perusahaan. Adapun hal-hal yang masih mengganjal terkait dengan masyarakat, Pemda akan ikut membantu menyelesaikannya secara baik. Dengan demikian penanaman kelapa sawit dapat diperluas hingga 50.000-60.000 hektar (Ha), sehingga bisa dibangun pabrik pengolahan CPO menjadi minyak goreng.


 Pabrik kelapa sawit milik ANJ Grup berkapasitas 45 ton TBS/jam beroperasi semenjak Juli 2019, dan mampu menghasilkan 4.120 ton CPO sampai akhir 2019 lalu dengan suplai Tandan Buah Segar (TBS) sawit dari PMP dan PPM. Pengapalan CPO ini merupakan hasil dari commissioning kedua kebun sejak Juni hingga Desember 2019 dengan jumlah total 4.120 ton. (humas/julius)

Berita Lainnya