Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Bupati Serahkan 2 Kendaraan Dinas Satpol PP
Senin, 13/01/2020 13:26 WIB

TEMINABUAN- Bupati Sorong Selatan (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE, MAP
menyerahkan 2 unit kendaran dinas kepada Dinas Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP), Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan Pemadam Kebakaran (Damkar). Penyerahan kendaraan dinas tersebut berlangsung dalam Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka Kesiapan Penanganan Bencana tahun 2020 di Lapangan Trinati Rabu (8/1) lalu. Kendaraan dinas tersebut diterima oleh Kepala Dinas Satpol PP, Linmas dan Damkar Agustinus Makamur, S.Sos, MA melalui Kabid Damkar Hendar Manabung dan akan digunakan sebagai penunjang tugas dalam siaga bencana khususnya di Kabupaten Sorsel.


 Bupati Samsudin Anggiluli yang memimpin Apel Kesiapan Penanganan Bencana tersebut menjelaskan, wilayah Indonesia berada pada posisi strategis di antara benua Asia dan Australia serta dilewatui garis katulistiwa, akibatnya wilayah Indonesia rentang terhadap perubahan iklim atau cuaca. Selain itu Indonesia berada pada tumpuk lempeng tektonik eurasia-pasifik dan indo-australia serta letak geografis pada lingkungan cincin api pada gunung fulkanik hal ini berpotensi terjadinya bencana antara lain perubahan iklim yang ekstrim, gempa bumi banjir serta bencana lainnya. Bencana merupakan sebuah peristiwa alam namun bencana juga merupakan wujud dari tindakan manusia yang kurang bijak dalam mengelola sumber daya alam (SDA), sehingga mengakibatkan bencana yang menimbulkan kerugian cukup besar, kerusakan lingkungan bahkan korban jiwa.


 Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Januari hingga November 2019 tercatat 2.829 bencana yang melanda Indonesia, di antaranya puting beliung 880 kejadian, banjir 657 kejadian, tanah longsor 621 kejadian, kebakaran hutan 508 kejadian, kekeringan 118 kejadian, gempa bumi 24 kejadian, gelombang pasang 14 kejadian, serta kini yang kita telah saksikan bersama di awal tahun 2020 ini banjir yang melanda ibukota Jakarta. Catatan BNPB ini sebagai rujukan dalam mengambil keputusan menangani peristiwa alam agar tidak berdampak buruk bagi kita sekalian.
 Menyikapi hal tersebut Polri serta seluruh jajaran dalam hal ini Polres Sorsel, Polda Papua Barat bekerja sama dengan BPBD Sorsel, Basarnas, TNI dan pemerintah beserta potensi lainnya melaksanakan kesiapsiagaan dengan diawali apel pengecekan personil dan peralatan. (humas/julius)

Berita Lainnya