Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Dinas Dukcapil Musnahkan 1304 Keping KTP Elektronik Rusak
Senin, 07/01/2019 12:35 WIB

TEMINABUAN-Sekda Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) Dance Yulian Flassy, SE, M.Si memusnahkan 1304 keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik yang rusak atau invalid pertengahan Desember 2018 lalu di halaman kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil). Kabag Bina Mitra Polres Sorsel Ipda M.Mangiri, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sorsel Yance Dere, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sorsel Yulius Yarollo dan Kepala Dinas Dukcapil Drs.George Japsenang, M.Si ikut memusnahkan KTP el bersama-sama Sekda Dance Flassy. Pemusnahan KTP-el yang rusak atau invalid tersebut berdasarkan Surat Edaran Mendagri nomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-el Rusak atau Invalid tanggal 13 Desember 2018. KTP-el yang rusak atau invalid tersebut dimusnahkan dengan cara digunting dan selanjutnya dibakar. Selain KTP-el, juga dimusnahkan KTP non elektronik serta KTP-el palsu. Sebelum pemusnahan dibacakan Surat Edaran Mendagri dan berita acara pemusnahan. Selanjutnya dilaksanakan penandatanganan berita acara pemusnahan.
 Sekda Dance Flassy pada kesempatan tersebut menegakan, bahwa pemusnahan KTP-el yang rusak atau invalid tersebut merupakan agenda nasional yang dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota di tanah air. Pemusnahan KTP-el tersebut untuk menghindari penyalahgunaan KTP-el yang rusak atau invalid. Apalagi menjelang pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden secara serentak pada 2019 mendatang. Selain itu juga sebagai upaya penertiban administrasi kependudukan dan peningkatan kualitasi pelayanan oleh Dinas Dukcapil. Untuk itulah komisioner KPU dan Bawaslu serta Kapolres juga ikut memusnahkan KTP-el tersebut. Kita saksikan melalui pemberitaan media massa di beberapa daerah KTP-el yang rusak atau invalid tercecer di tempat pembuangan akhir atau tempat sampah.
 Pantauan Radar Sorong Senin kemarin di halaman kantor Dinas Dukcapil, petugas Dinas Dukcapil telah membuat api untuk membakar KTP el yang rusak atau invalid. Setelah Sekda Dance Flassy tiba langsug dilaksanakan pemusnahan KTP el yang rusak. Sekda Danca Flassy dan pejabat terkait lainnya melempar KTP el yang rusak ke dalam kobaran api yang sedang menyala. Pagawai Dinas Dukcapil memantau pembakaran KTP el yang rusak tersebut menjadi abu. (humas/julius)