Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

BKPSDM Libatkan Tomas-Toga di Klinik Konseling ASN
Rabu, 10/10/2018 09:36 WIB

TEMINABUAN-Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), terus berupaya meningkatkan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN). Salah satu upaya yakni dengan membentuk Klinik Konseling Aparatur Sipil Negara (ASN), guna mengidentifikasi atau mencari tahu apa yang menyebabkan ASN tidak disiplin melaksanakan tugas sebagai abdi masyarakat dan abdi negara. Klinik Konseling ASN tersebut melibatkan tokoh agama (Toga) dan tokoh masyarakat (Tomas), selain Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis terkait. Dengan mengetahui penyebab ASN tidak disiplin, maka dapat dicarikan solusi yang tepat untuk menjawab persoalan yang menyebabkan ASN bersanngkutan tidak disiplin. Pada akhirnya ASN bersangkutan melaksanakan tugasnya dengan disiplin dan penuh tanggung jawab. Demikian Kepala BKPSDM Kabupaten Sorsel Petronela Krenak, S.Sos Jumat (5/10) lalu di kanor Distrik Saifi bertemu dengan ASN Pemerintah Distrik Saifi.
 Dijelaskan Petronela, Klinik Konseling ASN ini merupakan inovasi atau pembaharuan dalam melaksaakan pembinaan kepegawaian. Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE mendukung Klinik Konseling ASN tersebut. Pihaknya telah membentuk Tim Konseling ASN yang terdiri dari OPD teknis terkait yakni BKPSDM, Inspektorat, Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP), Bagian Hukum Setda, Bagian Humas Setda, tokoh agama Islam, tokoh agama Kristen dan Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Tehit Philipus Momot. Pihaknya telah melakukan pendataan ASN yang tidak disiplin di 4 OPD sebagai percontohan yakni Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Pendidikan, Pemerintah Distrik Moswaren dan Pemerintah Distrik Saifi. Kategori ASN yang tidak disiplin berdasarkan rekapan daftar hadir ASN 3 bulan lalu.
 Lanjut Petronela, setelah data ASN yang tidak disiplin terkumpul, ASN bersangkutan akan diundang untuk diperiksa oleh Tim Konseling ASN di kantor BKPSDM. Namun sebelumnya tim memberikan pemahaman atau penjelasan kepada ASN bersangkutan kalau Klinik Konseling ASN ini merupakan pembinaan, belum sampai pada pemberian sanksi terhadap ASN bersangkutan. Untuk itu diharapkan ASN dapat terbuka saat konseling atau pemeriksaan, sehingga bisa diketahui secara pasti penyebab ASN tidak disiplin untuk selanjutnya dibenahi dan diatasi. Toga dan Tomas juga akan memberikan penguatan secara rohani dan budaya kepada ASN saat konseling atau pemeriksaan. (humas/julius)

Berita Lainnya