Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Siapkan Dana 7 M Normalisasi Sungai Kenaburi-Kasueri
Jumat, 28/09/2018 09:37 WIB

TEMINABUAN-Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) mengalokasikan dana sebesar Rp.7 Milyar tahun 2018 ini untuk membiayai pekerjaan normalisasi sungai Kenaburi Distrik Kokoda sepanjang 1100 Meter dan Sungai Kasueri Distrik Kokoda sepanjang 1200 m. Khusus normalisasi Sungai Kenaburi akan dilaksanakan secara bertahap hingga tahun 2020 mendatang dengan jarak yang diperkirakan sepanjang 35 km dari Muara Tarof hingga Udagaga, Kayobiro dan Adona. Kedua sungai tersebut akan dilebarkan sepanjang 20 meter dan akan memotong sejumlah tanjung, agar jalur sungai ini menjadi lurus dan
dalam. Selain itu badan sungai ini juga akan dibersihkan dari kayu yang hanyut dan kayu yang tenggelam di dalam badan sungai ini. Tanah kerukan dari dalam sungai akan ditimbun pada salah satu sisi sungai dan diupayakan untuk ditimbun menjadi jalan raya. Demikian Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE saat meninjau pelaksanaan proyek normalisasi Sungai Kenaburi baru-baru ini di Kampung Tarof, Distrik Kokoda bersama Dandim 1704 Sorong Letkol.Inf.Andar Dodianto Panggabean, S.IP.
 Bupati Samsudin Anggiluli menjelaskan, normalisasi Sungai Kenaburi dan Sungai Kasueri ini untuk memudahkan lalu lintas transportasi masyarakat Distrik Kokoda. Selain itu juga untuk menghindari terjadinya kecelakaan berupa tabrakan perahu yang melintas di kedua sungai tersebut, sehingga masyarakat yang akan melintas di sungai tersebut dapat berjalan dengan aman dan nyaman. Sungai Kenaburi dan Sungai Kasueri merupakan urat nadi perekonomian Distrik Kokoda. Kedua sungai tersebut sering digunakan sebagai jalur alternatif transportasi dalam melaksanakan aktivitas perekonomian dan sebagai jalur mata pencaharian masyarakat Distrik Kokoda. (humas/julius)

Berita Lainnya