Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

Komandan Lantamal XIV Tinjau Lokasi Pos TNI-AL
Jumat, 06/07/2018 13:55 WIB

TEMINABUAN –TNI-AL segera membentuk Pos TNI-AL di Teminabuan, Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) dalam waktu dekat, sebagai tindak lanjut komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sorong Selatan (Sorsel). Untuk itulah Komandan Pangkalan Utama TNI-AL (Danlantamal) XIV Sorong Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rahmad Jayadi, M.Tr. (Han) meninjau lokasi rencana pembentukan Pos TNI-AL di Wersar, Distrik Teminabuan, Kabupaten Sorsel akhir bulan Juni lalu. Bupati (Sorsel) Samsudin Anggiluli, SE dan Wakil Bupati (Wabup) Drs.Martinus Salamuk ikut mendampingi Danlantamal XIV Sorong untuk meninjau lokasi Pos TNI-AL.
 Bupati Samsudin Anggiluli pada kesempatan tersebut menjelaskan, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sorsel menyampaikan terima kasih kepada Danlantamal XIV Sorong yang berkunjung ke Teminabuan, guna menindaklanjuti koordinasi pejabat sebelumnya dengan Pemkab Sorsel terkait pembentukan Pos TNI-AL di Kabupaten Sorsel yang dipersiapkan di kompleks Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Sorsel untuk sementara. Kehadiran satuan TNI-AL di Kabupaten Sorsel sangat dibutuhkan dalam membantu menjaga wilayah perairan Kabupaten Sorsel yang kaya akan sumber daya alamnya. Pihaknya berharap pembentukan Pos TNI-AL di Teminabuan segera terwujud, sehingga bisa mengamankan wilayah perairan Sorsel dari kapal-kapal yang mengambil hasil laut secara diam-diam atau tanpa memiliki ijin. Ke depan Pemkab Sorsel akan menyiapkan lahan yang memadai untuk Satuan TNI-AL di Sorsel. Namun untuk sementara ini Pos TNI-AL satu lokasi dengan Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Sorsel. Bangunan Pos yang sudah ada akan dibenahi sehingga memadai untuk ditempati 5 sampai 10 anggota TNI-AL yang bertugas.
 Sementara itu Danlantamal XIV Sorong Laksma TNI. Rahmad Jayadi, M.Tr. (Han) menjelaskan, Kabupaten Sorsel masuk wilayah hukum Lantamal XIV Sorong. Dengan demikian keamanan wilayah laut Sorsel juga menjadi tanggung jawab Lantamal XIV Sorong, sehingga diperlukan koordinasi dengan Pemkab Sorsel. Terkait pembentukan Pos TNI-AL di wilayah Kabupaten Sorsel, dalam proses persiapan dan dalam waktu dekat akan terbentuk. Untuk itu pula perlu koordinasi lebih lanjut dengan Pemkab Sorsel dan Dinas Perikanan Kabupaten Sorsel, untuk menindaklanjuti komitmen yang telah dibuat oleh pejabat sebelumnya untuk membentuk Pos TNI-AL di Sorsel. Hal teknisnya, tinggal dibenahi lokasi dan tempat untuk ditempati anggota TNI-AL yang bertugas di Sorsel. Direncanakan akan ditempatkan anggota TNI-AL di Pos Sorsel sebanyak 7 sampai 10 orang. Pihaknya juga akan kirim kapal untuk mengamankan wilayah laut di sini, sehingganelayan dari luar bisa bekerjasama dengan dinas perikanan untuk membuat ijin.
 Hadir dalam kunjungan kerja Danlantamal XIV Sorong antara lain Danyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XIV Sorong Mayor M. Hasfhiani Chanan, Plt. Kadis Kelautan dan Perikanan Sorsel Izak Meres, SH. Plt.Kadis Pendidikan Hengki Gogoba,S.Sos, Plt.Kepala Badan Kesbangpol Sorsel Edit Doni Tamaela, SP serta sejumlah pejabat lainnya.(humas/julius)

Berita Lainnya