Kabupaten Sorong Selatan

Uncategorized

BKPSDM Gelar Ujian Dinas-Penyesuaian Kenaikan Pangkat
Rabu, 30/05/2018 21:53 WIB

TEMINABUAN-Sebanyak 200 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengikuti Ujian Dinas (UD) dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP), yang digelar Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) Rabu (23/5) lalu di SMPN 2 Teminabuan. Pelaksanaan UD bagi PNS yang akan pindah ruang dalam kepangkatan. Sedangkan UPKP diikuti oleh PNS yang menyesuaikan ijasah formal sesuai kepangkatan. Ujian Dinas tingkat I diikuti 4 orang PNS yang akan pindah ruang dari Golongan II/d ke Golongan III/a, Ujian Dinas tingkat II diikuti 24 orang PNS yang akan pindah ruang dari  Golongan III/d ke Golongan IV/a. Sementara UPKP tingkat I diikuti sebanyak 65 orang PNS yang menyesuaikan ijasah SMA, UPKP tingkat II diikuti 12 orang PNS yang menyesuaikan ijasah D3, UPKP tingkat III diikuti 93 orang PNS yang menyesuaikan ijasah Sarjana (S1) dan UPKP tingkat IV diikuti 4 orang PNS yang menyesuakan ijasah Pasca Sarjana (S2). Pelaksanaan UD dan UPKP yang dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Sorsel Dance Yulian Flassy, SE, M.Si ini juga diikuti sebagian PNS dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maybrat. Soal UD dan UPKP langsung dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua Barat.
 Sekda Dance Flassy saat membuka pelaksanaan UD dan UPKP tersebut menegaskan, bahwa pemerintah pusat terus menilai PNS berdasarkan kompetensi yang dimiliki, termasuk dalam mutasi dan promosi PNS. Termasuk UD dan UPKP yang diikuti 200 PNS tersebut. Kompetensi diuji melalui soal-soal yang diberikan serta pembuatan makalah dan wawancara. Untuk itulah pihaknya berharap semua peserta UD dan UPKP telah mempersiapkan diri dengan baik, sehingga semuanya bias lulus dan pindah ruang kepangkatan. Pelaksanaan semua ujian dan seleksi saat ini menggunakan sistem CAT atau (Computer Assesment Test). Dengan sistem CAT, semua ujian dan seleksi PNS menggunakan komputer termasuk UD dan UPKP. Untuk itulah tahun berikut pelaksanaan UD dan UPKP sudah menggunakan sistem CAT. Jadi pelaksanaan UD dan UPKP tahun 2018 ini merupakan yang terakhir menggunakan sistem manual.
 Usai acara pembukaan UD dan UPKP, PNS peserta UD dan UPKP menuju ke ruangan masing-masing yang telah ditentukan untuk memulai ujian. Pengawas dari BKD Provinsi Papua Barat turun langsung untuk mengawasi pelaksanaan UD dan UPKP sekaligus membawa soal. (humas/julius) 

Berita Lainnya