Kabupaten Sorong Selatan

Standar Pelayanan

Asisten II Setda Wakili Bupati Resmikan Kantor Distrik Kais
Jumat, 13/11/2015 20:15 WIB

TEMINABUAN-Pemkab Sorong Selatan (Sorsel) membangun kantor Distrik Kais yang baru konstruksi beton berlantai keramik, menggantikan kantor Distrik Kais yang lama konstruksi dan berlantai papan dengan model panggung. Kantor Distrik Kais yang baru tersebut dibangun oleh PT Latanza Raya dengan luas 570 meter persegi dan total dana hampir mencapai Rp.1,5 Milyar atau tepatnya Rp.1.498.000.000. Dana pembangunan kantor Distrik Kais bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Kantor Distrik Kais tersebut diresmikan oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Perekbang) Drs.Menase Thesia, M.Si mewakili Bupati Sorsel Drs.Otto Ihalauw, MA Jumat (13/11) pagi di Kais. Peresmian Kantor Distrik Kais ditandai pengguntingan pita oleh Asisten II Setda Menase Thesia, dilanjutkan penandatanganan berita acara dan pembukaan pintu oleh Kepala Dinas Pendidikan Michel Momot, S.Pd yang ikut mendampingi Asisten II Setda. Selanjutnya Asisten II dan rombongan meninjau ruangan kantor Distrik Kais yang baru. Turut hadir Kasat Bimas Polres Sorsel Iptu Elon Djaman Mona mewakili Kapolres Kompol Madun Narwawan, SH; Kadistrik Kais Darat Melkianus Dere; Kadistrik Kokoda Utara Salmon Tigori dan Kadistrik Moswaren Marthen Homer. Sebelum acara peresmian Asisten II Setda dan Kepala Dinas Pendidikan disambut dengan meriah oleh Kadistrik Kais Johanis.P.Kaitau, SE dan aparatur, tenaga guru, tenaga medis dan masyarakat Suku Kais.
 Asisten II Setda Menase Thesia pada kesempatan tersebut menjelaskan, dengan diresmikannya kantor Distrik Kais yang baru, maka tidak ada lagi kantor distrik di Kabupaten Sorsel yang konstruksi papan. Semua kantor distrik di 15 distrik sudah konstruksi beton dan berlantai keramik. Pihaknya berharap dengan kantor baru, aparatur pemerintah Distrik Kais mempunyai semangat baru dalam melayani masyarakat. Mengingat aparatur pemerintah hadir untuk melayani masyarakat. Pihaknya juga mengingatkan masyarakat Kais, apa yang sudah dilakukan Bupati Otto Ihalauw untuk daerah ini patut disyukuri. Pembangunan infrastruktur termasuk jalan dari Teminabuan sekarang sudah tembus ke Kais. Masyarakat tidak perlu naik longboat atau speed lagi ke Teminabuan. Tinggal naik mobil saja, sekitar 2,5 hingga 3 jam dari Teminabuan sudah sampai di Kais.
 Oleh karena itu kalau ada masyarakat yang mengatakan Bupati Otto Ihalauw tidak melakukan perubahan atau pembangunan, orang tersebut buta secara fisik maupun rohani. Bupati Otto Ihalauw sudah melakukan banyak hal yang baik untuk membangun negeri ini selama 12 tahun. Semua distrik sudah terjangkau melalui jalan darat, tinggal Distrik Inanwatan, Kokoda, Metemani dan Kokoda Utara yang saat ini dalam pekerjaan. Bupati Otto Ihalauw yang tinggal beberapa hari lagi mengakhiri masa jabatan sebagai Bupati Sorsel meninggalkan warisan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi di Kais saat ini sudah ada industri sagu yakni Perum Perhutani, ke depan Kais akan menjadi kota dan daerah transit dari Inanwatan dan Kokoda Utara. (jus)