Kabupaten Sorong Selatan

Standar Pelayanan

Gabungan Organisasi Wanita Bagi-Bagi Helem Standar
Jumat, 13/11/2015 20:07 WIB

TEMINABUAN-Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) akan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-4 pada hari Sabtu (14/11) ini. Sehubungan dengan itu GOW menggelar sejumlah kegiatan menyambut HUT GOW tersebut. Salah satu diantaranya membagi helem standar secara cuma-cuma kepada pengendara sepeda motor yang tertib dalam berlalulintas di jalan. Untuk itulah Panitia HUT GOW ke-4 bekerja sama dengan Polres Sorsel khususnya Satuan Lalulintas. Kegiatan bagi-bagi helem standar tersebut dilaksanakan Kamis (12/11) kemarin bersamaan dengan Operasi Cipta Kondisi atau razia kendaraan yang dilakukan Personil Satuan Lalulintas Polres Sorsel, bertempat di halaman Mapolres Sorsel. Pengendara sepeda motor yang kelengkapan administrasi kendaraannya seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Ijin Mengemudi (SIM) ada serta kelengkapan fisik kendaraan juga lengkap. Kelengkapan fisik kendaraan antara lain plat nomor kendaraan, kaca spion serta menggunakan helem Standar Nasional Indonesia (SNI). Pengendara sepeda motor yang lengkap diarahkan untuk memarkirkan sepeda motornya sambil menunggu pembagian helem oleh anggota GOW. Setelah dilaksanakan operasi sekitar 1 jam, yang dimulai sekitar jam 09.00 WIT, pengendara yang tertib berlalulintas dikumpulkan untuk menerima helem standar gratis. Namun sebelumnya Ketua Panitia HUT GOW ke-4 Pdt.Flora Tan, S.Si dan Kasat Lantas Polres Sorsel Ipda Irene Hursepunny, S.Sos memberikan sambutan. Pemberian helem secara simbolis kepada pengendara sepeda motor oleh Wakil Ketu Bhayangkari Sorsel Ny.Syamsuddin, Ketua Panitia HUT GOW Pdt.Flora Tan dan Kasat Lantas Ipda Irene Hursepunny.
 Ketua Panitia HUT GOW ke-4 Pdt.Flora Tan pada kesempatan tersebut menjelaskan, kegiatan pembagian helem tersebut merupakan kegiatan bidang hukum, hak asasi manusia (HAM) dan politik GOW dalam rangka sosialisasi keselamatan berlalulintas dengan menggunakan helem bagi masyarakat, khususnya pengendara sepeda motor. Penggunaan helem tersebut sangat bermanfaat untuk mencegah gangguan yang terjadi di sekitar kepala kalau terjadi kecelakaan berlalulintas. Kegiatan tersebut sekaligs dalam rangka memperingati HUT GOW ke-4.
 Sementara itu Kasat Lantas meminta pengendara sepeda motor menggunakan helem yang dibagi GOW, bukan hanya untuk dijadikan pajangan di rumah. Khususnya bagi ojek, helem yang sudah diterima langsung dicat warna kuning, sehingga saat pelaksanaan razia atau operasi sudah kelihatan jelas. Helem yang diberikan juga harus dijaga kebersihannya, sehingga penunpang ojek mau menggunakan helem. Kalau helemnya berbaau dan tidak terawatt, penumpang tidak mau pake helem ojek. (humas/julius)