Kabupaten Sorong Selatan

Standar Pelayanan

Lulus Akreditasi KARS, RSUD Scholoo Naik Kelas Tipe C
Jumat, 16/10/2015 17:25 WIB

TEMINABUAN-Pemkab Sorong Selatan (Sorsel) mempunyai perhatian serius terhadap sektor kesehatan, termasuk RSUD Scholoo Keyen sebagai unit layanan rujukan yang mulai dibentuk tahun 2009 lalu. Bahkan guna meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat, Pemkab Sorsel mengajukan permohonan akreditasi kepada Menteri Kesehatan. Mengingat akreditasi RSUD menjadi syarat peningkatan status RSUD sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI No.56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perijinan RSUD. Berkat kerja keras dan semangat serta komitmen RSUD Scholoo Keyen dan Pemkab Sorsel dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes), akhirnya RSUD Scholoo Keyen dinyatakan lulus tingkat perdana berdasarkan akreditasi Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) nomor 240/KARS/IX/2015 tanggal 11 September 2015 tentang Akrediasi Lulus Tingkat Perdana. Satu-satunya RSUD di tanah Papua yang diakreditasi oleh KARS dan dinyatakan lulus yakni RSUD Scholoo Keyen.
 Selanjutnya Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Cabang Papua Barat melakukan visitasi ke RSUD Scholoo Keyen pada tanggal 12 Oktober 2015 bersama Dinkes Kabupaten Sorsel untuk melakukan penilaian. Setelah itu organisasi Persi memberikan rekomendasi hasil pendampingan penilaian lanjutan guna penilaian peningkatan kelas RSUD Scholoo Keyen. Selanjutnya Dinkes Kabupaten Sorsel merekomendasikan penetapan kelas RSUD Scholoo Keyen. Berdasarkan sertifikat akreditasi dari KARS dan rekomendasi dari Persi Cabang Papua Barat dan Dinkes Kabupaten Sorsel Bupati Sorsel Drs.Otto Ihalauw, MA menerbitkan Surat Keputusan No.440/258/BSS/2015 tertanggal 15 Oktober 2015 tentang Peningkatan Status RSUD Scholoo Keyen dari tipe D ke tipe C. Penyerahan SK Peningkatan Status RSUD tersebut dilaksanakan Jumat (16/10) kemarin saat apel gabungan di halaman RSUD Scholoo Keyen, dari Bupati Otto Ihalauw kepada Direktur RSUD Scholoo Keyen drg.Rosaline Krimadi, MPH.
 Penilaian Persi dan Dinkes Kabupaten Sorong Selatan pada RSUD Scholoo Keyen didasarkan pada pelayanan, sumber daya manusia, peralatan kesehatan serta bangunan dan prasarana. RSUD Scholoo telah memenuhi standar pelayanan RSUD tipe C, bahkan boleh dikata tipe C+ karena tenaga dokter ahli sudah lebih dari persyaratan RSUD tipe C yakni dokter ahli mata, dokter ahli penyakit dalam, dokter ahli bedah dan dokter ahli kandungan. Keempat dokter tersebut berperan utama dalam pelayanan kesehatan dasar. Sementara di RSUD Scholoo Keyen ada juga dokter ahli mata, dokter ahli radiologi, dokter ahli THT dan dokter ahli syaraf. (humas/julius)